Sebagai pembuka, sebelumnya mari kita berkenalan dengan wordpress, apa itu wordpress?

berikut adalah sebuah kutifan yang di ambil dari situs resmi wordpress :

WordPress ialah platform penerbitan pribadi yang semantik, yang berfokus kepada estetika, standar web, dan kegunaan. WordPress bersifat gratis, namun di sisi lain tak ternilai harganya.

 Jadi, wordpress itu adalah sebuah software atau aplikasi web untuk sarana membuat blog atau website. Flatform wordpress seringkali disebut sebagai mesin wordpress oleh para blogger. Mesin wordpress disediakan gratis dan dapat dipergunakan oleh siapa saja.

WordPress tumbuh menjadi sebuah flatform blog yang populer  karena sifat penggunaannya yang mudah, fleksibel, serta cukup tangguh dari segi keamanan. Banyak blogger professional memilih wordpress sebagai flatform blog yang digunakan.

Faktor lain yang membuat wordpress menjadi besar adalah tersedianya sarana penambahan plugin untuk menunjang segala kebutuhan para pengguna wordpress. Ribuan bahkan mungkin sudah puluhan ribu plugin telah dibuat oleh para developer agar dapat memenuhi kebutuhan para blogger.

Namun, sebuah aplikasi yang dikatakan mudah digunakan sekalipun mungkin saja akan tetap terasa sulit apabila penggunanya masih awam akan aplikasi tersebut, oleh karenanya ID Tutorial  hadir untuk menuliskan panduan wordpress, agar penggunaan wordpress bisa menjadi maksimal .

ID Tutorial mencoba untuk menghadirkan berbagai tutorial wordpress dengan bahasan sedetail mungkin, sehingga mereka yang benar-benar awam akan wordpress menjadi lebih kenal akan flatform tangguh ini.